SELAMAT DATANG di Blog LP MA’ARIF NU SUMEDANG

Selasa, 10 Januari 2012

Seminar Sehari Pendidikan Berkarakter



LP Ma'arif Sumedang menggelar Seminar Sehari tentang Pendidikan Berkarakter dengan menghadirkan pembicara Prof. DR. Sofiyan Shauri (Dosen dan Guru Besar IPI Bandung). Peserta Seminar merupakan guru-guru sekolah dan madrasah yang berada di lingkungan LP Ma'arif Sumedang. Pada saat itu pula telah dilantik para kepala sekolah dan madrasah maarif yang baru.

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Selain itu juga bertujuan untuk pembentukan karakter peserta didik yang terwujud dalam kesatuan perilaku dan sikap hidup yang dimilikinya. Karena karakter merupakan sesuatu yang mengkualifikasi seorang pribadi. Karakter menjadi identitas yang mengatasi pengalaman kontingen yang selalu berubah, dan dari kematangan karakter inilah kualitas seorang pribadi diukur.

Pendidikan karakter sebagai sebuah paedagogi memiliki tujuan agar setiap pribadi semakin menghayati individualitasnya, maupun menggapai kebebasan yang dimilikinya, sehingga ia dapat semakin bertumbuh sebagai pribadi maupun warga negara yang bebas dan bertanggung jawab, bahkan sampai pada tingkat tanggung jawab moral integral atas kebersamaam hidup dengan warga yang lain. Dan pendidikan karakter telah menjadi tanggung jawab bersama orang tua, guru dan anggota masyarakat, yang datang bersama-sama untuk mendukung pembangunan karakter yang positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar